How This Day

Rabu, 08 Januari 2014

- 20°

Selimut yang aku pakai selama tiga tahun ini warnanya hijau bercampur corak kuning, hitam dan cokelat. 
Sangat nyaman untuk memeluk ku setiap malam diatas sehelai tikar plastik dengan motiv huruf Y yang saling berkaitan.
Hangatnya dapat menjauhkan dinginnya malam yang datang dan kemudian masuk melalui sela-sela lubang jendela kamar ku.

Jendela kamar ku masih design konfensional, kaca berukuran 90x40 diapit dengan kerangka jendela bewarna hijau tua tanpa pengunci dari dalam. jika kamu tanya kemana?; suatu hari kunci itu lepas dari slotnya dan hilang terjatuh entah kemana.
Bukalah gordennya, maka akan langsung berhadapan dengan rumah berwarna abu, tak jauh hanya sekitar empat meter jaraknya dari kamar ku ini.
Dilantai dua ini, jika kamu menoleh ke arah kanan akan terlihat sinar mentari pagi muncul dari arah timur memendar pada dinding-dinding rumah dan atap sekitar. 
Rasanya baru saja kemarin, namun tidak terasa selama 4 tahun di kamar 2,5 m x 3 m ini  berbagi waktu ku setelah lelah beraktifitas dan kembali memulai beraktifitas. 

aku fikir, aku mungkin selalu menjadi orang pertama yang bangun diwaktu subuh dirumah ini mendahului pemilik rumah dan teman satu kostan ku.
aku memiliki alarm alami yang selalu menempel diatas kening ketika ku tidur dan alarm itu akan berbunyi ketika waktu subuh telah tiba.
aku sering dibangunkan mimpi, dibangunkan oleh suara, dibangunkan gigitan semut, dan bahkan dibangunkan oleh sesuatu yang membingungkan nalar.
aku tak pernah menyetel alarm agar bisa bangun subuh sebelum muadzin membangunkan ku, sepertinya alarm itu sudah otomatis menyala bahkan tanpa bantuan baterai untuk menyalakannya.

Bagiku bangun lebih awal dari orang-orang sekitar ku yang masih terlelap tidur dan masih berada di alam mimpinya masing-masing adalah sebuah kemenangan yang luar biasa.
Karena bagi banyak orang, bangun pagi tanpa ada sesuatu yang akan dilakukan adalah pekerjaan yang sulit melebihi pekerjaan yang biasanya dikerjakan.
Hanya karena bangun pagi, keharmonisan keluarga bisa dijaga keutuhanya.
Think!! jika seorang ibu bangun selalu kesiangan, siapa yang menyiapkan keperluan keluarga? pakaian untuk suaminya bekerja?, seragam untuk anaknya yang sekolah?, sarapan pagi untuk menunjang aktifitas masing-masing?. 
Hanya karena seorang ibu atau istri tak bangun pagi, suaminya pergi ke kantor memakai pakaian yang kucel karena sang istri lupa untuk menyetrika, di kantor dimarahi oleh boss karena berpakaian tidak rapih, datang tidak tepat waktu dan klien pun enggan berbisnis karena sang suami yang tidak meyakinkan dan tidak profesional, jika terus demikian maka bisa jadi perusahaan akan memecat sang-suami karena tak becus dalam bekerja. 
Karena sang ibu tak menyiapkan seragam anak nya, maka sang anak memakai seragam yang tidak sesuai dengan ketentuan memakai seragam. yang seharusnya hari itu memakai seragam merah-putih ini memakai seragam batik atau pramuka. jika kejadianya sesekali tidak masalah, namun apabila kejadianya sering bisa jadi sang anak malu dan enggan ke sekolah karena dibully oleh teman-temanya walaupun mungkin teman-temanya hanya bercanda.
Dan keduanya berangkat dan beraktifitas tanpa sarapan pagi sehingga sakit magh keduanya kambuh, syukur kalau tidka menjadi kronis dan harus dirawat dirumah sakit. Karena bangun kesiangan dan tak sempat memasak, sang ibu harus mengeluarkan uang ekstra untuk sarapan pagi keluarganya diluar.
bahkan seorang mahasiswa yang tidak biasa bangun pagi akan selalu kesiangan dan tak pernah bisa masuk kelas jadwal kuliah dipagi hari karena terbiasa untuk bangun siang akan menerima kenyataan pahit karena dosen mencoretnya dari absen sehingga dia tak bisa mengikuti ujian semester dan kaba buruknya lagi harus mengulang disemester depan.

Ini mungkin yang dikatakan the power of subuh time oleh Tuhan,  Tuhan memerintahkan kita untuk selalu bangun diwaktu subuh dan beribadah karena seingat yang kubaca, kebaikan dan kejahatan dimulai diwaktu yang bersamaan. 

Ada semacam kekuatan khusus yang kudapat ketika bangun lebih awal, fikiran masih serasa jernih dan segar. daya serapnya bisa mencapai 90% jika dipakai untuk membaca, menulis dan menghafalkan sesuatu. kadang aku hanya perlu membaca sekilas dan dan dapat memahami suatu hal yang baru aku baca dan dapat mengingatnya dalam waktu yang sangat lama. berbeda dengan waktu-waktu lainnya, waktu subuh ini unik, waktunya tak lama dan limitnya tak lebih dari 80 menit. namun efeknya sangat dahsyat. boleh kamu coba, it's wonderfull !!! 

#- 20°  
Ketika posisi matahari berada - 20° di bawah ufuk timur, bintang-bintang sudah mulai redup karena kuatnya cahaya fajar, maka hal ini ditetapkan sebagai awal waktu subuh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar