How This Day

Selasa, 13 Mei 2014

Kenapa Harus Usaha Mikro?

Kenapa Harus Usaha Mikro Yg Diberdayakan?

Kita tau, bahwa sebenarnya penggerak ekonomi Indonesia ialah di sektor UMKM (usaha menengah,kecil&mikro) sekaligus penopang perekonomian menengah ke bawah. sektor ini tidak banyak berkaitan dengan sektor keuangan(bank,koperasi,bpr,dll). Namun mampu menjadi tulang punggung ekonomi khususnya ekonomi bagi  keluarga mereka. 

Dua minggu kemarin aku melakukan penelitian ke ibu-ibu pengusaha mikro diseputar kota Bandung, meliputi kec.Cibeunying kidul, Cibeunying Kaler, Kiara Condong, Batu Nunggal. dari hasil wawancara tersebut aku semakin yakin bahwa penopang ekonomi mikro ini ya ada di ibu rumah tangga yang mereka sehari-harinya berwirausaha namun masih dilingkungan seputar rumah . 

Kalian jangan menanyakan laba/omset dari hasil berjualan cilok goreng, baso aci, gorengan, minuman instan seduh, dll. karena jika kalian kekeuh bertanya, mereka akan menjawab hanya cukup untuk menambah uang belanja sehari-hari atau untuk uang jajan putra-putrinya. sekedar sepuluh ribu sampai dengan dua puluh ribu rupiah, itupun jika dagangan mereka sedang ramai. kecil memang, namun sangat berarti. 

Kenapa harus usaha mikro yang diberdayakan?, karena mereka memiliki potensi dan ada kemauan untuk terus bertahan dan ingin terus maju dalam meningkatkan usahanya namun kurang akses ke permodalan, pelatihan dan tentunya pemasaran. 

Sudah saatnya kita selaku mahasiswa turun tangan memberikan bantuan berupa pendampingan yg intensif bagi mereka, kita gunakan teori yg kita dapat di perkuliahan agar semakin bermanfaat bagi sesama. agar kita tak jadi mahasiswa yg hanya sekedar kupu-kupu atau kunang-kunang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar